Langsung ke konten utama

Pilek, ini Cara untuk Mencegahnya



Sumber gambar : cbc.ca


Pilek kadang terjadi pada kita, terlebih saat musim seperti sekarang . Saat pilek pasti sangat menggangu dan nafas jadi terganggu, hidung tersumbat. Cara agar  tidak pilek adalah dengan mencegahnya , dilansir dari laman  prevention.com ada 8 cara mencegah terjadinya pilek:

1. Mencuci Tangan

Sumber gambar : cdc.gov


Tangan kita pasti sering memegang berbagai macam hal di tempat umum seperti pegangan pintu kendaraan umum, pastilah kuman memenuhi tangan kita. Mencuci tangan adalah cara kita mengusir kuman-kuman itu. Cara mencuci tangan yang benar yaitu dengan sabun dan air hangat, selama selama 20 detik, dan menggosok antara jari dan kuku. Bila kita jauh dari tempat cuci tangan, gunakan antiseptik yang mengandung alkohol 60%, dan  jangan menyekanya sebelum mengering sendiri.

2. Bersosialisasi

Penelitian menunjukkan bahwa semakin sedikit hubungan manusia yang kita miliki di rumah, pekerjaan, dan di masyarakat,  besar kemungkinan kita untuk sakit. Dalam sebuah penelitian, para peneliti memantau 276 orang berusia  18 dan 55 tahun, dan menemukan bahwa mereka yang memiliki enam atau lebih teman empat kali lebih baik dalam melawan virus yang menyebabkan pilek daripada mereka yang memiliki teman lebih sedikit.

3. Memakai Humidifier

Kelembaban rendah membuat bagian hidung kering, sehingga sulit menghilangkan mikroba yang menetap di sinus dan menyebabkan pilek. Bantu melembabkan udara dengan menjalankan humidifier 24/7, kata Tieraona Low Dog, MD,. Bersihkan dengan mengikuti petunjuk dari pabriknya. Tambahkan lima tetes minyak oregano, eucalyptus, atau peppermint ke wadah untuk mengurangi kuman dan menyegarkan udara.

3. Mendapatkan Sinar Matahari yang Cukup

Sebuah penelitian di Harvard menemukan bahwa, orang dengan tingkat vitamin D 36% lebih mungkin mangalami infeksi saluran pernapasan bagian atas dibandingkan dengan mereka yang mempunyai banyak D. Jika  Kita tidak bisa mendapat cukup sinar matahari saat musim dingin atau hujan, para ahli merekomendasikan ikan, susu, dan suplemen untuk mendapatkan 1.000 IU yang direkomendasikan setiap hari.

5. Berlatih Tai Chi

Latihan Tai Chi ini bisa mengubah pertahanan tubuh terhadap pilek sebanyak 47% . Menurut para ilmuwan rahasia dari tai chi, terletak pada gerakannya yang lamban dan pernapasan terkontrol.

6. Meletakkan Sikat Gigi pada Tempat yang Terpisah

Sumber gambar: oaxacaenpiedelucha.info


Jika di rumah ada salah satu orang yang pilek bisa dipastikan kita akan tertular juga. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah penularannya adalah meletakkan Sikat Gigi kita di tempat yang terpisah, dan mengeringkan sikat gigi setelah dipakai agar kuman tidak berkembang.

7. Mengganti Benda di dapur secara Berkala


Gantilah handuk setiap hari dan jangan mengeringkan piring dengan handuk yang sama dengan yang digunakan untuk tangan , biarkan handuk handuk itu mengering. Bersihkan sepon untuk mencuci piring dan sering-seringlah menggantinya.

8. Memperhatikan Asupan Omega 3

Sumber gambar : vitalchoice.com


Jika tidak suka ikan (makan setidaknya 2 porsi dalam 1 Minggu), maka bisa menggantinya dengan suplemen yang mengandung omega 3 yang dapat membantu meningkatkan  kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan hal itu bisa meningkatkan aliran udara dan melindungi paru-paru dari flu dan infeksi pernapasan.  Minyak ikan yang bagus setidaknya mengandung 1 g gabungan dari EPA dan DHA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Label pada Postingan Blog

Label pada postingan bagi saya sangat penting, ini akan terasa saat postingan di blog sudah sangat banyak, dan karena tulisan tulisan kita isinya adalah hal-hal yang memang ingin kita simpan dan suatu hari kita ingin membaca kembali tulisan ini mudah kita temukan, maka label sangat membantu, terlebih jika kita lupa judul postingan .^^ Ya demikianlah manfaan label menurut saya, memudahkan memilih tulisan yang akan kita baca kembali.

Cinta yang Manis dalam "Temperature of Love"

Kapan ya terakhir kali nonton drama atau film yang kisah cintanya manis sekali??? Hmmmmmmm.... Kapan ya, kapan ya (*mikir). Saya baru kali ini nonton drama yang pemainnya tidak begitu familiar (ketahuan kalau lama tidak nonton Drakor... Padahal dua pemain utamanya ada di drama Doctor Romantic) tapi langsung jatuh cinta sama ceritanya, biasanya saya awal nonton pakai mode lompat lompat alias dicepatkan untuk menilai jalan cerita awal. Karena episode awal adegan yang tayang kebanyakan  si Chef ganteng On Jung Sun, dan Hyun So, maka tidak minat sekali untu k melewatkan setiap scane nya (*lebay). Ini drama kok sweet banget sichhh... Sepanjang nonton drama ini , kalau sudah wajah salah satu dari keduanya muncul jangan pernah melewatkannya, apalagi kalau sudah dua-duanya muncul, tidak ada adegan bertengkar hebat terus baikan... Karena Jung Sun sweet sekali memperlakukan Hyun So, selalu bicara pelan dan halus, bahkan ketika marah... Meski Hyun So lebih tua tapi Jung Sun tetap yang

Original Sountrack Anime Anak Tahun 90an

Yang menghabiskan masa kecil di tahun 90 and pastilah akrab dengan film kartun/anime anak yang hanya tantang di hari Minggu seperti Sailor moon, Wedding Peach, Doraemon, Dragon ball, Crayon Shin-chan, Cibhi Maruko-Chan, ninja Hatori danasih banyak lagi,   lagu soundtrack nya pastilah masih melekat di ingatan kita... Sedikit bernostalgia nonton video Mashup ini bisa mengobati rasa rindu kita pada asa kecil 😁 Hayoo yang pada kangen langsung nonton dan dengerin... Pasti merasa balik lagi di masa kecil sambil bersenandung lagu nya Dragon ball atau Doraemon sambil nyiapin keperluan sekolah atau waktu bantuin ibuk bersih-bersih rumah  ... Jaman dulu anak kecil senandungnya lagu soundtrack kartun, jarang yang nyanyi lagu-lagu dewasa seperti sekarang ... Mungkin karena terlalu banyak pilihan tontonan di tv, tidak seperti dulu yang hiburannya anak hanya tayang di hari Minggu atau pas liburan panjang sekolah 😁